Rolls-Royce, Dynamic UPS

Rolls-Royce Solutions Asia dan Pilar Bahtera Energi Kolaborasi Hadirkan Teknologi Dynamic UPS

JAKARTA, iNews – PT Pilar Bahtera Energi berkolaborasi dengan Rolls-Royce Solutions Pte. Ltd menghadirkan teknologi Dynamic UPS sebagai solusi sistem kelistrikan.

Kerjasama ini menguatkan penetrasi pasar Rolls-Royce Solutions di Indonesia melalui distributor eksklusifnya, PT Pilar Bahtera Energi.

Pilar Bahtera Energi diketahui telah memegang peranan krusial dalam perkembangan industri kelistrikan dan energi di Indonesia. Dengan lebih dari 16 tahun pengalaman di sektor kelistrikan, mereka terus berkomitmen untuk menjamin pasokan listrik yang handal dan efisien, khususnya untuk sektor-sektor yang membutuhkan daya listrik dalam skala besar.

Dalam upaya itu, perusahaan yang berdiri sejak 2007 ini telah melakukan partnership agreement dengan Rolls-Royce Solutions guna menghadirkan produk Dynamic UPS yang mampu memenuhi kebutuhan pasar kelistrikan di Indonesia.

Direktur Utama PT Pilar Bahtera Energi, Iman Hakim, menyatakan kolaborasi ini dalam rangka meningkatkan kerjasama sebelumnya dari sistem integrator menjadi kemitraan eksklusif. Rolls-Royce Solutions memiliki unit bisnis yang mengembangkan produk bernama Dynamic UPS, yang bertujuan untuk melindungi beban kritis dari gangguan pasokan listrik.

“Sejak diperkenalkan di pasar Indonesia pada tahun 2008, Dynamic UPS telah dipasang di berbagai pabrik dan industri, serta menjadi pilihan utama bagi pelanggan di sektor Oil & Gas,” kata Iman dalam keterangan tertulis, Jumat (15/12/2023).

Beban kritis pada industri saat ini menurut Iman meningkat secara signifikan, tidak lagi terbatas pada daya yang kecil, melainkan telah mencapai level multi megawatt. Penggunaan baterai UPS untuk beban multi megawatt dianggap tidak efisien dari segi investasi dan biaya operasional. Karenanya, Dynamic UPS menjadi solusi sistem yang sederhana, handal, dan kokoh untuk menangani beban dengan kapasitas besar.

“Dynamic UPS ini tidak hanya menyediakan proteksi daya listrik saat terjadi kegagalan dari utilitas jaringan PLN, tetapi juga menyuguhkan filter aktif dan “clean power” dimana teknologi ini menjamin kelancaran aliran daya tanpa gangguan. Sehingga industri kritis terhindar dari kerugian,” terang Iman.

Dalam kesempatan yang sama, Head of Sales Rolls-Royce Solutions, Marco Nijenhius mengatakan bermitra dengan PT Pilar Bahtera Energi didasari pengalaman luar biasa di bidang bisnis UPS dinamis yang bukanlah produk standar, melainkan produk yang sangat spesialis dan memerlukan pengetahuan khusus.

Menurutnya, Pilar Bahtera Energi telah membuktikan kepakaran dan pemahaman mendalam dalam hal ini. Selain itu, kerjasama ini diperkuat oleh jaringan yang kuat yang dimiliki PT Pilar Bahtera Energi di Indonesia dengan basis pelanggan yang tepat, menjadi magnet utama bagi kesepakatan yang ditandatangani hari ini.

“Kami yakin bahwa kesepakatan ini akan membawa masa depan yang cerah bagi kedua belah pihak,” ujar Marco.

Rolls-Royce Solutions, yang telah berdiri sejak tahun 1989 dan telah mengaplikasikan teknologi mereka di berbagai negara termasuk Indonesia, menyadari bahwa pasar di Indonesia masih merupakan potensi besar yang belum sepenuhnya dieksplorasi. Marco, perwakilan perusahaan tersebut, mengakui bahwa pasar di Indonesia masih menjadi peluang besar yang belum dieksplorasi sepenuhnya.

“Kami melihat bahwa Indonesia memiliki potensi besar, terutama dalam konteks kualitas pasokan listrik PLN yang belum memenuhi standar tertinggi. Dengan teknologi kami, kami yakin dapat menjadi solusi bagi tantangan-tantangan ini,” papar Marco.

Melalui kerjasama ini diharapkan dapat menghasilkan manfaat yang signifikan bagi kedua belah pihak. Rolls-Royce Solutions, menyatakan keyakinan mereka bahwa PT Pilar Bahtera Energi, yang memiliki pengalaman dan kapabilitas teknis yang mumpuni akan menjadi mitra yang tepat untuk melebarkan sayap bisnis Rolls-Royce di Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.